Laman

Ikutilah polling yang saya sediakan ----- Kirimkan kritik dan saran Anda ke kolom chat "Cangkru'an" ----- Jika ada link/gambar yang rusak, harap beritahu admin ----- Jika ada postingan yang salah harap dibetulkan di kotak komentar ----- Jalin persahabatan dengan bertukar link dengan blog ini
MER-C PEDULI PALESTINA

Kamis, 11 Maret 2010

Ayo Sinau Boso Jowo Rek!

Udah berapa tahun ya aku gak pernah belajar bahasa Jawa lagi? Apalagi sekarang sudah kuliah dan bercampur dengan teman2 dari berbagai pelosok nusantara, jadi kalau sudah ngobrol2 dengan orang2 dari luar Jawa pasti ngomongnya pake Bahasa Indonesia.

Kadang2 sedih juga, melihat anak2 zaman sekarang yang sok keren pake bahasa gaul tapi gak bisa bahasa Jawa. Bahkan parahnya lagi kalo bisa Bahasa Jawa tapi cuma "Ngoko" aja, trus kalo ngomong sama orang tua ya pake "Ngoko" juga, ckck.



Ada pepatah mengatakan: "Basa Iku Busananing Bangsa" yang artinya budi pekerti seseorang atau suatu bangsa (Jawa) akan terlihat melalui bahasa yang dituturkannya. Banyak nilai-nilai budaya yang diajarkan melalui Bahasa Jawa. Lihat betapa Bahasa Jawa memberikan sebuah nilai yang tinggi, bagaimana seseorang memberikan penghormatan kepada orang yang lebih tua dengan "Krama Inggil"nya, atau bagaimana di dalam Bahasa Jawa terkandung berbagai petuah2 didalamnya, contohnya "pupur sakdurunge benjut" yang artinya berhati-hati sebelum celaka.

Saya juga merasa bagaimana pentingnya Bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari saya. Saat ini memang saya belum menjadi dokter, tapi sekarang saja saya sudah merasakan betapa pentingnya Bahasa Jawa, karena saya sering ikut baksos jadi tahu bagaimana pasien2 "sepuh" di desa kebanyakan hanya bisa Bahasa Jawa.

Sampun cekap, niki mawon critane...
Yen cerito terus, kapan sinaune? (Bener gak bahasa Jawaku? Hehe)

Belajar disini saja yah! Aku juga mau belajar lagi, hihi sengihnampakgigi

Mari kita lestarikan budaya bangsa!

0 Comments:

Posting Komentar